Kamis, 03 Mei 2012

MENINGKATKAN PENILAIAN KINERJA PENDIDIKAN

Anaz hidayat.S.Pd.MA
 
Jgjakarta—Penilaian kinerja pengawas sekolah akan lebih diperketat mulai 2013 mendatang. Selain melibatkan dinas pendidikan, penilaian juga akan melibatkan dewan pendidikan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Ketua Dewan Pendidikan Kota jogjakarta, Ichwan Dardiri mengungkapkan, sistem Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (PKPS) yang baru tersebut akan mulai diterapkan pada 2013 mendatang. “Saat ini tengah dalam pembahasan di DPKS termasuk pembentukan tim penilai,” jelas Ichwan saat ditemui Joglosemar, Senin (28/11).

Lebih lanjut dikatakan, dengan terlibatnya DPKS dalam PKPS, berarti pula melibatkan masyarakat. “Dengan demikian diharapkan akan menghasilkan output yang lebih baik,” kata Ichwan.

 Sementara ditemui terpisah, Kepala Seksi Kurikulum, Bidang Pendidikan Menengah, Disdikpora Solo, Budi Setiono mengatakan, bahwa terkait penilaian kinerja pengawas, sedang dalam proses pembahasan di tingkat pusat. Dikatakan, pekan lalu dilakukan pembahasan dan penentuan tim asesor untuk PKPS.

Pengelompokan Pengawas

Tim tersebut terdiri dari tiga orang unsur Disdikpora dan satu orang dari unsur DPKS. “Dalam penilaian akan meliputi beberapa aspek,” ungkap Budi.


Dipaparkan, aspek tersebut meliputi penyusunan program pengawas, pelaksanaan program, serta evaluasi terhadap hasil yang didapat di lapangan. “Selain itu, akan ada pula penilaian terhadap pembimbingan terhadap guru dan kepala sekolah[J1],” imbuh Budi.

Akan ada pula pengelompokan terhadap pengawas berdasarkan kepangkatannya. Pengelompokan tersebut terdiri dari pengawas muda, pengawas madya dan pengawas utama. Dari hasil penilaian tersebut, lanjut Budi, akan didapat hasil penilaian yang nantinya akan dijadikan dasar dalam pembimbingan.

“Dengan demikian kita dapat mengetahui sejauh mana kemampuan para pengawas sehingga ada peningkatan terhadap mutu pendidikan yang berkelanjutan,” kata Budi.
Farrah Ikha Riptayani

0 komentar:

Posting Komentar

 
;